Honda Spacy diberbagai negara



Sejak tahun 2011 lalu AHM (Astra Honda Motor) Honda Spacy Helm-in AT diperkenalkan ke halayak umum di Indonesia. Produk terbaru ini di luncurkan untuk meramaikan pasar matic di indonesia. Sesuai dengan namanya matic ini juga mengikuti jejak dari produk honda yang lain untuk 2011 seperti Supra X Helm in dimana bagasi dari sepeda motor ini relatif lebar sehingga muat untuk menyimpan helm full face sekalipun. ada dua varian dari spacy yaitu; varian dengan pelek jari-jari (Casting Wheel) dan pelek racing (Spoke Wheel).

Nama Spacy diambil dari kata “space” atau “luas”. Dimensinya 1.841 x 660 x 1.094 mm dengan wheelbase 1.256 mm. Ground clearance 128 mm. Bobot Spacy 97 kg. Bagasi di bawah jok bisa menelan satu helm full-face. Honda mengklaim volume bagasi Spacy (18 liter) terluas di kelasnya.

Sebagai skutik masa kini, Spacy berfitur lampu depan utama menyala otomatis ketika mesin dinyalakan (AHO = Automatic Headlight On), tuas pengunci rem guna mencegah sepeda motor loncat saat dinyalakan dan mundur di tanjakan, sidestand yang mematikan mesin skutik secara otomatis bila diturunkan.

Satu fitur andalan Spacy adalah kunci kontak dengan pengaman (auto secure key shutter) dan rumah kunci yang menyala di kegelapan (illumination) untuk memudahkan Anda memasukkan anak kunci ke lubangnya.

Buat para Spacer (spacy rider) pasti udah ga asing dengan fitur dan kelebihan si gambot spacy, tapi tahukah kalian kalau varian matic Honda Spacy ini ternyata ngga cuma dipasarkan di Indonesia saja loh, dari mulai Jepang, Thailand, Malaysia sampai ke pasar Eropa Honda Spacy ini juga dipasarkan dengan berbagai model.


SPACY HELM IN - AT (Indonesia)

Di Indonesia varian baru matic Honda ini dikenal dengan Spacy-Helm In AT dan diluncurkan pada bulan Mei 2011. Diawal pertama kali keluar Warna Honda Spacy 5 pilihan warna yakni Imperial White, Royal Blue, Majestic Red, Legacy Green dan Emperor Black. Dengan mesin 108 cc, 4-stroke, berpendingin udara, dengan tenaga 8,54 PS pada 8000 rpm dan torsi 8 Nm pada 6000 rpm. Tenaga skutik bertransmisi CVT ini lebih besar 0,26 PS lebih besar dari Honda Scoopy meski kapasitas mesinnya sama. Namun torsi Spacy lebih kecil 0,3 Nm.




Di tahun 2011 juga tepatnya dibulan November, PT. AHM resmi meluncurkan Honda Spacy Helm In PGM-FI bersamaan dengan Honda Supra X 125 Helm IN PGM-FI dan Dua model baru ini merupakan awal deklarasi Honda terhadap penggunaan teknologi PGM-FI untuk semua sepeda motornya secara bertahap hingga akhir 2013.



PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.


Pada tahun 2013 Honda Spacy Helm In PGM-FI diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor dengan striping dan warna baru. Dengan desain stripe dan kombinasi warna two-tone yang baru, motor ini tampak lebih sporti dibanding sebelumnya. Dalam perubahan ini, PT Astra Honda Motor memilih menggunakan garis tajam, sporti, atraktif serta penambahan warna biru dalam pilihan warna.




Di tahun 2014 kembali PT Astra Honda Motor (AHM) lakukan penyegaran Honda Spacy Helm in PGM-FI dengan striping baru yang makin sporti. Penyegaran konsep stripe Honda Spacy Helm in PGM-FI ini masih mengusung garis-garis yang tajam, sporti dan atraktif. Ubahannya ini juga dipadu dengan ragam fitur unggulan yang fungsional dan ekonomis.


HONDA DIO (Jepang)

Varian Spacy pertama kali diperkenalkan sebagai Honda Dio di negeri "Sakura" Jepang pada 28 Juni 2011 dan di awal bulan Juli 2011, resmi dijual. Seperti dilansir oleh laman otomotif.net Honda Dio Mengusung spesifikasi yang tak jauh beda dengan varian versi Indonesia. Paling mencolok perbedaan ada pada perangkat injeksi bahan bakar PGM-Fi dan tidak dilengkapinya striping sehingga tampil polos.

Sedang mesinnya tetap pakai satu silinder 110cc 4-stroke. Di Jepang, Honda mengklaim konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 52 kilometer/liter dalam kecepatan konstan 60 km/jam. Soal pilihan warna, ada 5 kelir polos yang bisa jadi pilihan. Yaitu merah, biru, silver, putih dan hitam. Harganya dijual 199.500 Yen atau setara Rp 21,2 jutaan. Honda Dio yang dipasarkan di Jepang lebih variatif mengenai aksesoris, dan ketika pertama kali keluar Honda Dio sudah PGM-FI dan telah menggunakan teknologi alarm seperti PCX.



SPACY-I (Thailand)

Seperti halnya Spacy di Indonesia dan Jepang model si gambot spacy di Thailand ini diberi nama SPACY-I dengan Striping  yang lebih simpel dengan nuansa two-tone.




SPACY HELMET-IN (Malaysia)

Negara tetangga kita juga meluncurkan Spacy di tanah air Malaysia nih bro, masih menggunakan nama yang sama yaitu SPACY. Boon Siew Honda merilis Honda Spacy di pasar otomotif Malaysia pada tahun 2012 lalu dengan fitur dan keunggulan yang sama dengan model Spacy lainnya, dan striping yg sedikit mirip dengan Spacy-I milik Thailand.



Nah, pada bulan Maret lalu Spacy Special Edition di Malaysia diluncurkan nih, berjuluk Perwira Emas.
Perwira Emas dibekali sederet perubahan yang mendongkrak penampilannya. Dan sesuai namanya, aksen emas banyak bertabur di motor ini. Paling kentara dari aplikasi pelek berkelir emas yang menggusur pelek hitam di model standarnya.


Selanjutnya, grafis livery baru yang membalut bodi hitam Perwira Hitam tampak unik. Motifnya utamanya seperti kain Malaysia berwarna abu-abu dengan paduan aksen emas dan emblem Special Edition.


HONDA VISION 110 & 30 ( Eropa )

Seperti dilansir laman otomotif.net di Eropa Honda Spacy dikenal dengan nama Honda Vision, dengan design yang enak dipandang dan atraktif dengan menawarkan jok nyaman untuk dua orang dan kompartemen penyimpanan luas. Ketinggian single jok milik Vision 760 mm. Bobotnya 102,1 kg dan untuk pengereman sudah menggunakan Combi Brake System (CBS). Skutik ini dipersenjatai mesin 110 cc dan memiliki model mesin 50 cc. Honda Motor Europe menyodorkan Vision 2012 dengan beberapa pilihan warna; Pearl Procyon Black, Boss Grey Metallic, Pearl White, Candy Lucid Red, dan Candy Aruja Blue.


HONDA VISION 110 ( Vietnam )

Di Vietnam, Spacy menggunakan nama Vision. Ada beberapa perbedaan dengan versi Indonesia yang membuat biker lokal pasti ngiler. Secara visual bisa dilihat kalau stripingnya beda.

Pilihan warnanya juga lebih beragam. Di Vietnam ada model berkelir kuning dan cokelat. Selain itu peleknya juga beda, di Indonesia palang lima, sedang di Vietnam palang 6.


Berdasarkan info yang didapat melalui blognya om Taufik TMCBlog.com, bahwa di vietnam telah nongol sosok honda New Vision yang merupakan kelanjutan dari Honda Vision yang lama. Mesin 110 cc pendingin udara, dengan ACG starter dan ISS dan Ban depan belakang Ring 14, dari dua ciri ini saja, Mesin Pendingin udara ACG dan Ring 14,sudah sangat memperkuat sinyalemen bahwa kemungkinan ada hubungan erat antara Honda Vision ini dengan next Skutik Honda Spacy yang akan dihadirkan oleh AHM kedepan (Aminnn..).



  



Honda Breeze 110

Honda Spacy di negara Tiongkok beda lagi nih bro, mereka menyebutnya sebagai Honda Breeze 110. Tapi ternyata setelah melihat beberapa sumber di si mbah google ternyata Honda Breeze ini di pasarkan di Vietnam juga.. Hmm.. agak membingungkan.. tapi biarlah itu menjadi misteri Vietnam dan Tiongkok.. hahaha... yasudahlah, biar gambar aja yang berbicara








Demikianlah beberapa informasi mengenai si semok Spacy yang ternyata sudah mendunia.. model-model Spacy  berbagai negara bisa juga menjadi bahan buat kita modif loh.. :)

0 comments: