Modifikasi Minimalis Honda Spacy 2

Sentuhan Warna 

Untuk modifikasi minimalis, Biaya yang dikeluarkan untuk merepaint (cat ulang) Spacy membutuhkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Airbrush ataupun Full Airbrush. Pemilihan warna single-tone (satu warna) menjadi pilihan utama pemodif minimalis, Namun tetap ada yang perlu diperhatikan yaitu kombinasi antara warna Body, Dek, Dashboard, Kaki-kaki dan Pemilihan warna Aksesoris yang nanti akan kita bahas. Untuk kombinasi warna yang sangat minimalis, Bisa mengikuti Color Honda Vision atau Spacy versi Global.

Dimana Body, Dashboard hingga Dek tempat penyimpanan peralatan diberi warna single tone sesuai selera brosis (Tambah sedikit glitter chrome lebih baik, Kalo mau yang gratis tuh ada glitter gold a.k.a debu jalanan, hhheee). Tambahan warna Silverstone atau Motif Carbon Look bisa diberikan untuk bagian Dek bawah, Penutup mesin dan Air filter. Kaki-kaki bisa pilih warna sesuai body, Putih ataupun Hitam.

Sedangkan Cat dan Clear (Pernis) yang direkomendasi adalah Spies Hecker, Sikkens, Dupont atau Blinken, Dikarenakan hasilnya yang maksimal dan Wet Look, Alias Kinclongggg. Sementara untuk menghemat ada Pilihan Cat yang ramah kantong seperti Danagloss, Stargloss, Lessonal dll, ditambah Clear Spies Hecker.

Jangan lupa pilih tempat untuk mengecat yang punya reputasi bagus atau bisa tanya teman” yang punya rekomendasi lapak pengecatan yang bagus disekitar wilayah brosis. Karena walaupun cat dan clear paling OK tapi pengerjaannya seadanya, Ya hasilnya juga seadanya. Biaya Pengecatan (termasuk ongkos) menggunakan bahan Cat + Clear Reccomended berkisar 1,1-1,5jt, sementara untuk Cat standar +Clear Ok berkisar 700rb-1jt, dan untuk Cat + Clear standard mulai dari 350-650rb.

Bagaimana yang berbudget minim !? Masa gak bisa modif bro ? Tenang, Bagi para brosis yang berbudget minim bisa menggunakan scotlite untuk menutupi warna standar motor, Pilih warna yang sesuai dengan STNK untuk body, Plus tambahan Scotlite Carbon untuk Dek Bawah, Penutup Mesin & Air filter. Ditambah kombinasi warna dengan Velg Repaint dan Ban Besar = Ajibb. Cukup dengan 100-200rb (tergantung nego sama tukangnya :D) sudah bisa mejeng di jalan dengan spacy nya. Bagian terpenting dari memakai Scotlite adalah unsur Kerapihan si pemasang.

Nah dibawah ini ada beberapa contoh modifikasi dengan sticker scotlite yang bisa jadi inspirasi :


Catatan : Repaint Spacy brosis sesuai warna dan Keterangan di STNK. Tenang, Warna merah ga cuma satu kok, Ada RedMaroon, RedFerrari, RedNinja, RedRose, dll begitupun dengan Warna Lainnya. Supaya tetap Safety dari Tilangan PakPolisi. Ga lucu kan Spacy sudah Ajibb tapi dijalan kena surat tilang…

--------

Aksesoris dan Variasi 

Tampaknya kalo soal yang satu ini rata-rata brosis pasti sudah pada tau semuanya ya. Tampilan yang eyecatching, Harga yang relatif terjangkau, dan mudahnya pemasangan menjadi pilihan pertama para biker untuk memodifikasi motornya. Untuk Bikers dengan Budget Minim, Bisa memakai Variasi di Bagian Handlegrip, Spion, Bordes, Visor, Tutup Kipas, Cover Knalpot, Sarung Jok Spacy dan juga Shockbreaker Belakang (Kalo ga mampu ya tinggal discotlite aja ulir shockbreakernya. Warna sesuai selera, Beres bro). 

Siapkan dana 200-300rb (tanpa beli shockbreaker) sudah lebih dari cukup brosis. Masih kemahalan juga, Tenang ! Masih bisa dicicil satu persatu kok beli part nya.

Sedangkan yang punya dana berlebih bisa menambahkan Variasi seperti Handle Rem, Tutup as Roda, Disc Cakram, Tabung Shock Depan, Cover CVT, Chrome bagian Standard tengah & samping, Behel, Baut Monel seluruh Body dll. Dana yang dibutuhkan pun sesuai keinginan brosis untuk memakai variasi apa saja.

Yang jelas apapun variasi yang mengganggu fungsionalitas Spacy kita langsung saja kita hapus dari List Modifikasi.

Nah, Sekian dulu postingan saya yang sederhana ini. Semoga apapun modifikasi yang kita lakukan tetap menjaga Kodrat Spacy ataupun Skutik lainnya yang Fungsional, Irit, Nyaman, Safety dan Pastinya mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan selamat. Aminn… 




1 comment: